Salah satu Program Kompetensi Keahlian (PKK) yang dikembangkan di SMK Negeri Bali Mandara adalah Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ). I Gede Mahardika, S.Pd. Gr. dipercaya sebagai Kepala Program untuk menata dan mengembangkan program keahlian TKJ. Ia bekerja sama dengan Gede Sucipta, S.Pd. (Kepala Bengkel dan Tenaga Pendidik) dan Putu Yuliantari Dwi Candra, S.Kom. sebagai Tenaga Pendidik serta Wahyu Ari Pratama sebagai staf teknisi.
Dalam PKK TKJ, peserta didik dibekali keterampilan dasar komputerisasi dan keterampilan membangun jaringan komputer. Keterampilan dasar komputer meliputi perakitan komputer, perbaikan unit komputer dan periperalnya serta perangkat keras lainnya, juga instalasi software (sistem operasi dan aplikasi). Sedangkan keterampilan membangun jaringan komputer meliputi keterampilan membangun jaringan LAN (Local Area Network) dan WAN (Wide Area Network).
Untuk menunjang proses pembelajaran, selain memiliki 5 ruang kelas, program kompetensi keahlian TKJ juga memiliki 3 ruang laboratorium, yakni Laboratorium Perakitan Komputer, Laboratorium Jaringan Komputer, dan Laboratorium Umum, selain ditunjang juga dengan adanya ruang khusus server dan penyimpanan peralatan. Kegiatan pembelajaran pada mata pelajaran produktif dilaksanakan di ruang laboratorium, sedangkan kegiatan pembelajaran normatif dan adaptif berlangsung di ruang kelas. Pada waktu-waktu luang, di bawah bimbingan guru dan teknisi TKJ, peserta didik menghabiskan waktu dengan belajar di laboratorium. Program tutor belajar sebaya antar sesama peserta didik juga dilakukan guna mengaplikasikan pembelajaran lintas horizontal.
Pengembangan kompetensi keahlian peserta didik TKJ tidak hanya dilakukan melalui kegiatan pembelajaran sehari-hari. Dalam beberapa kesempatan, program keahlian ini menyelenggarakan kegiatan akademik lain yang berhubungan dengan pengembangan kompetensi komputer dan jaringan. PKK TKJ menyelenggarakan kegiatan Students Goes to Industry sebagai sebuah media pengenalan peserta didik terhadap Dunia Usaha dan Industri (DU-DI) sejak dini. Beberapa kali, seminar dan kegiatan workshop juga turut dilakukan. Pengembangan Unit Pelayanan Jasa (UPJ) sebagai sektor kewirausahaan peserta didik juga terus dikembangkan secara intensif dan reguler. Melalui UPJ ini, para peserta didik di bawah pembinaan Guru-Staf mendapatkan pengalaman kerja secara langsung dalam memberikan pelayanan terhadap customer sekaligus merasakan sendiri bagaimana iklim kerja berlangsung.
Selain program-program kegiatan di atas, beberapa praktisi dan pengajar eksternal juga diundang guna menambah kompetensi yang disasar. Tidak hanya itu, penyelarasan kurikulum dengan kebutuhan dan tuntutan DU-DI juga intensif dilakukan setiap tahunnya. Para guru dan staf TKJ juga diberikan penguatan kompetensi vokasional secara khusus oleh beberapa praktisi, tenaga dosen universitas terkait, serta dari pihak DU-DI. Berbagai program kegiatan ini semakin menunjang kinerja Guru-Staf dalam memberikan pembinaan dan pendidikan bagi peserta didik secara lebih maksimal. Tim pengajar TKJ pun makin menunjukkan komitmen positifnya untuk terus melakukan yang terbaik demi kemajuan para peserta didik ini.
Sebagai imbas dari berbagai program di atas, para peserta didik mampu menunjukkan potensi dan keterampilan, serta kompetensinya hingga mampu bersaing dengan maksimal. Ini mereka perlihatkan tidak hanya di areal sekolah, namun lebih penting dari itu, mereka mampu menjadi “wajah sekolah” yang baik dan representatif di luar sekolah melalui sepak terjang mereka dalam masa Praktik Kerja Lapangan (PKL) di berbagai DU-DI, bahkan setelah mereka tamat sekalipun dan bekerja dalam DU-DI yang bersangkutan. Banyak respon positif yang diberikan oleh pihak DU-DI atas kinerja, etos kerja, dan sikap-karakter para peserta didik, baik saat menjalani masa PKL maupun saat telah bekerja secara resmi. Selain itu, para peserta didik TKJ juga mampu bersaing dengan sangat baik dalam berbagai kegiatan lomba atau kompetensi di bidang TKJ, baik dalam tingkat kabupaten, provinsi, hingga nasional. Beberapa piala berhasil mereka sumbangkan bagi sekolah sebagai wujud prestasi belajar mereka.
Adapun lulusan PKK TKJ memiliki peluang kerja yang cukup banyak, yakni sebagai Computer Engineer (perakitan, perawatan dan perbaikan unit komputer beserta periperalnya), Network Engineer (perencanaan desain jaringan komputer, instalasi jaringan, perawatan dan perbaikan jaringan), Network Administrator (pengelolaan komunikasi data, manajemen bandwidth, keamanan jaringan, serta konfigurasi aplikasi jaringan), dan sebagai Web Developer (membangun aplikasi berbasis web yang ditanamkan pada sebuah server jaringan, menjadi media penyampaian informasi dan komunikasi).