logo
  • 1 February 2016
  • Comments Off on Morning Speech

Morning Speech

Orasi siswa atau morning speech merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan siswa dari hari Selasa sampai dengan Jumat, pada pukul 07.30-07.45 WITA. Orasi dilaksanakan oleh siswa dan diawasi oleh guru piket. Peran siswa pada kegiatan ini adalah sebagai orator dan notulis. Orasi yang dibawakan yaitu berkaitan dengan berbagai informasi yang bermanfaat bagi siswa maupun guru dan disajikan menggunakan Bahasa Indonesia, Bahasa Daerah Bali, ataupun Bahasa Internasional (Bahasa Inggris). Pada kegiatan ini, siswa secara bergiliran menjadi orator maupun notulis.

Adapun tujuan kegiatan ini yaitu sebagai berikut.

  1. 1. Meningkatakan kemampuan komunikasi siswa khususnya ketika berkomunikasi di depan khalayak
  2. 2. Meningkatkan kemampuan berbahasa siswa, baik bahasa nasional, daerah, maupun
  3. 3. Melatih siswa menjadi penarik kesimpulan yang baik melalui peran sebagai
  4. 4. Melatih siswa untuk menjadi pendengar yang baik.
  5. 5. Meningkatkan wawasan siswa pada berbagai

Orasi adalah proses penyampaian pesan dalam bentuk lisan di hadapan orang banyak. Tujuan dari adanya orasi dalam akademik untuk memberikan jiwa yang mampu menyakinkan audiens. Dengan orasi yang siswa akan diajarkan tata cara untuk melakukan orasi antara lain :

  • Semangat

semangat adalah pancaran perasaan yang berisikan tenaga penggerak aktivitas. Orator yang bersemangat akan mampu menggerakan Audiensnya serta Antusias dan merombak Suasana Jenuh, adem ayem, dan kaku menjadi lebih hidup.

  • Yakin

Pengetahuan merupakan modal dasar yang dibutuhkan untuk berorasi, agar membentuk keyakinan yang ditimbulkan dari audiens. hal-hal seperti ini sangat penting dalam berorasi dikarenakan jika kita tidak mengetahui pengetahuan tentang materi yang akan kita orasikan maka para audiens atau para pendengar akan kurang yakin dengan orator .

  • Lantang

Lantang berarti mengeluarkan suara dengan jelas dan keras. Suatu hal yang perlu diingat adalah anda harus mengeluarkan suara yang keras agar audiens bisa mengerti dengan apa yang anda sampaikan dengan ini audiens akan memberikan kesan kepada Orator pribadi dengan PERCAYA DIRI.

Adapun dokumentasi dari kegiatan ini yaitu sebagai berikut.

4 3 2 1

Comments are closed.