logo
  • 11 December 2015
  • Comments Off on Kehidupan Asrama

Kehidupan Asrama

Kehidupan berasrama adalah media membentuk kemandirian siswa sebagai calon pemimpin. Dalam kehidupan berasrama, siswa dibagi menjadi sembilan grha yang terdiri dari . Inilah keluarga baru mereka dan mereka telah berikrar bahwa  mereka sebagai big family di SMKN Bali Mandara. Setiap grha dibina oleh orang tua asuh yang disebut pitta dan matta. Di asrama, siswa dipantau dan dibina oleh kepala asrama.

Selama hidup berasrama, kemandirian siswa dibentuk melalui program yang disusun dengan baik. Siswa dituntut disiplin  pada setiap aktivitas di asrama. Mereka benar-benar menghargai tanggung jawab terhadap dirinya sendiri dan orang lain. Seluruh siswa bangun pada pukul 04.45 Wita. Setelah itu, mereka melaksanakan olahraga pagi. Siswa kemudian merapikan tempat tidurnya masing-masing. Kebersihan asrama dijaga dengan semangat kerja sama dan gotong royong semua siswa. Secara bergiliran, bersama anggota grha-nya, mereka membersihkan dan menjaga kerindangan lingkungan asrama. Pukul 06.15 Wita, siswa sarapan bersama dan selanjutnya mengikuti kegitan pembelajaran sampai pukul 15.00 Wita.

Untuk menyiapkan persaingan global, sekolah mengembangkan program peningkatan kemampuan berbahasa Inggris. Siswa dibimbing untuk aktif menggunakan bahasa Inggris. Setiap Senin-Jumat, siswa dituntut menggunakan bahasa Inggris dalam berkomunikasi di asrama dan di beberapa lingkungan sekolah. Meskipun demikian, budaya local tetap, dikembangkan. Pada Hari Sabtu, siswa harus menggunakan bahasa Daerah Bali.


Comments are closed.