Tumpek Uye Dan Danu Kerthi

Pada tanggal 29 Januari 2022, seluruh umat Hindu di Bali merayakan hari raya keagamaan yakni Tumpek Uye atau bisa juga disebut Tumpek Kandang. Tumpek Uye ini merupakan salah satu wujud pemujaan kepada Dewa Rare Angon dan sebagai wujud penghormatan kepada binatang. Dalam hal ini, SMK Negeri Bali Mandara melaksanakan persembahyangan bersama untuk memperingati hari raya tersebut. Namun pada perayaan kali ini ada yang berbeda, Pemerintah Provinsi Bali telah mencetuskan program Danu Kerthi. Dimana program ini wajib dilaksanakan oleh seluruh sekolah di Provinsi Bali pada saat perayaan hari raya Tumpek Uye.

 

Pelaksanaan Danu Kerthi di SMK Negeri Bali Mandara dilaksanakan melalui beberapa agenda. Pertama adalah melaksanakan persembahyangan bersama, lalu dilanjutkan dengan pelepasan burung dan penebaran benih ikan di kolam lele Skanbara. Danu Kerthi merupakan bagian dari Sad Kerthi, yang berarti enam upaya untuk menjaga keseimbangan jagad alam semesta. Danu Kerthi sebagai bagian dari Sad Kerthi merupakan  upaya untuk menjaga kesucian atau kelestarian sumber-sumber air tawar seperti danau, sungai dan berbagai sumber mata air.

 

Dalam tata ruang kosmik Hindu, danau adalah pusat sumber air tawar. Dari resapan danau permukaan dan danau bawah tanah, muncullah sumber-sumber mata air, yang lalu mengalir menjadi sungai-sungai. Secara sekala Danu Kerthi kita laksanakan dengan menghormati, menjaga kelestarian dan kealamian sumber-sumber air tawar seperti danau, sungai, dan berbagai sumber mata air agar tidak rusak atau tercemar oleh perilaku yang tidak terpuji.

 

Sedangkan secara niskala Danu Kerthi kita laksanakan dengan melaksanakan berbagai upakara yang terkait dengan menjaga kesucian dan kelestarian sumber-sumber air tawar secara niskala, serta melestarikan pura-pura beji dan ulun danu. Tujuannya adalah menjaga vibrasi positif pada sumber-sumber air tawar. Selain Danu Kerthi, masih ada 5 bagian dalam Sad Kerthi. Yakni, Jnana Kerthi, Jagad Kerthi, Samudra Kerthi, Wana Kerthi serta Atma Kerthi. Pada intinya, Sad Kerthi bertujuan untuk menjaga keselarasan atau keharmonisan manusia dengan semua makhluk ciptaan-Nya. Hal ini tidak terlepas dari konsep Tri Hita Karana.

 

Skanbara Bright !

Tim Humas Skanbara

#smknbalimandara  #smkcoe  #smkpk  #smkbisa  #danukerthi  #smkbisa  #vokasikuat  #hindu  #skanbara  #smkbisahebat

Leave A Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *