logo

JANGER SKANBARA

Sederhana, Mengesankan!

Tim Janger SMK Negeri Bali Mandara berhasil menyajikan penampilan seni Janger yang menghibur dalam serangkaian Bali Mandara Nawanatya 2018 bertempat di Panggung Ayodya Art Center, Denpasar pada Sabtu, 28 April 2018.
Sebuah penampilan yang dinilai mengesankan dan penuh kreasi oleh mantan Rektor Institut Seni Indonesia (ISI) Bali dan ISI Jogjakarta, Dr. I Made Bandem, MA walau dalam balutan yang sederhana.
“Pentas seni tidak perlu selalu mewah. Terkadang dalam berkesenian, perlu kesederhanaan, apalagi seni kerakyatan. Itu yang berhasil ditampilkan oleh Janger SMK Negeri Bali Mandara.

“Gintaning den Bukit” merupakan judul yang dipilih untuk menggambarkan kehidupan remaja di Buleleng guna bersiap menghadapi tantangan perubahan global.
Tampilan yang digarap oleh guru Seni Budaya SMK Negeri Bali Mandara, I Nyoman Ekawara ini ditarikan oleh 12 pasang penari dan diiringi oleh 4 buah lagu dengan lantunan tabuh dari gamelan gong kebyar Sekaa Gong peserta didik SMK Negeri Bali Mandara.

Di sisi lain, Kepala SMK Negeri Bali Mandara, I Wayan Agustiana mengatakan bahwa kehidupan sehari-hari peserta didik di asrama menjadi inspirasi dalam pengangkatan tema dan garapan Janger ini. “Walau dirasa belum maksimal dalam persiapan karena keterbatasan waktu dan padatnya aktivitas sekolah, namun apa yang sudah ditampilkan adalah hal yang sangat saya apresiasi”.

Semoga tahun depan bisa kembali aktif terlibat dalam pegelaran seni yang sama, juga pagelaran-pagelaran seni lainnya.
Salam, SKANBARA HEBAT!