logo

TKR SKANBARA RAJAI KONTES MEKANIK SMK

Memasuki tahun ke tiga sejak awal masa berdiri, Program Kompetensi Keahlian Teknik Kendaraan Ringan (TKR) SMK Negeri Bali Mandara perlahan namun pasti menunjukkan diri dan eksistensinya sebagai salah satu program kompetensi TKR terbaik di Bali. Prestasi terkini yang berhasil diraih para peserta didik TKR SKANBARA (SMK Negeri Bali Mandara, red.) semakin menegaskan predikat tersebut. Dalam satu minggu ini, para peserta didik TKR SKANBARA yang dibina oleh Si Komang Ngurah Widana Putra, I Putu Maha Wijaya, dan Made Arjawa ini berhasil menjadi yang terbaik dalam dua ajang kontes keterampilan mekanik yang berbeda untuk para peserta didik jenjang SMK se-Bali.

Dalam ajang SMK Skill Contest Bluecore Yamaha Motor Show (BYMS) 2018 yang berlangsung pada tanggal 17 April 2018 di sekretariat PT. YIMM (Yamaha Indonesia Motor Manufacturing) Denpasar-Bali dan dilanjutkan di Mall Level 21 Denpasar, tim peserta didik TKR SKANBARA berhasil meraih juara 1, baik dalam kategori Tes Teori maupun Skill Contest sehingga berhasil keluar sebagai yang terbaik dalam ajang yang didikuti oleh para peserta didik TKR SMK se-Bali tersebut.

Adapun ajang BYMS adalah ajang yang diselenggarakan oleh YIMM Bali dengan diikuti oleh seluruh SMK yang memiliki program kompetensi TKR-TKRO di seluruh Bali. Peserta dikategorikan menjadi kelas A dan kelas B dimana masing-masing tim terdiri dari dua orang peserta didik. Kelas A diperuntukkan bagi sekolah yang dianggap berkompeten dan mampu untuk mengikuti lomba dalam kategori Tes Teori dan Skill Contest, sedangkan kelas B diperuntukkan bagi sekolah yang hanya mampu terjun dalam satu kategori lomba. Tim peserta didik TKR SKANBARA diwakili oleh I Gede Agus Arnawa dan I Kadek Teguh Arsana masuk dalam kategori peserta kelas A. Keduanya kemudian berhasil keluar sebagai yang terbaik. Prestasi yang berhasil diraih tersebut dilengkapi dengan raihan predikat juara 2 dalam kategori Lomba Video Pendek Kreatif yang disumbangkan oleh Gede Arik Antara dan I Putu Merta. Karya video kreatif berdurasi 1 menit yang mereka ciptakan dinilai sebagai video terbaik dari segi kualitas video secara konten dan tata videografi lainnya. Namun, karena indikator penilaian dilakukan berdasarkan jumlah “like” terbanyak dalam postingan di akun media sosial, maka Gede Arik Antara dan I Putu Merta harus berpuas diri menempati posisi terbaik ke dua.

Seminggu berselang, tanggal 24-25 April 2018, tim peserta didik TKR SKANBARA kembali berhasil meraih hasil membanggakan dalam ajang Lomba Keterampilan Siswa (LKS) Otomotif SMK 2018 yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Jurusan Teknik Mesin Politeknik Negeri Bali (PNB). Dalam ajang yang diikuti oleh peserta didik TKR-TKRO SMK se-Jawa, Bali dan Nusa Tenggara ini, tim peserta didik TKR SKANBARA berhasil menjadi juara 1 dalam kategori Lomba Teknik Kendaraan Ringan (TKR) atas anama I Gede Agus Arnawa dan dilengkapi oleh I Kadek Teguh Arsana yang berhasil meraih juara 2 dalam kategori Teknik Sepeda Motor (TSM).

“Kami sangat bangga dan senang bisa mengikuti lomba dan menjadi juara di YIMM dan PNB. Walau dengan segala keterbatasan, berkat pembinaan secara intensif, kami dapat mempersiapkan diri dengan sebaik mungkin sehingga bisa tampil di dua lomba berbeda dalam waktu satu minggu. Kami juga berharap, semoga tahun depan, pelaksanaan lomba, khususnya di PNB, bisa berjalan dengan lebih baik lagi, terutama dalam persiapan dan ketegasan aturan. Dan, kami akan berusaha untuk kembali menjadi yangterbaik” begitu testimoni yang disampaikan oleh Agus Arnawa dan Teguh Arsana atas partisipasi mereka dalam dua lomba tersebut. Kepala Program TKR SKANBARA, Si Komang Ngurah Widana Putra pun menegaskan tekadnya bersama tim untuk terus berusaha membina para peserta didik agar bisa menjadi mekanik handal di masa depan. “Walaupun anak-anak didik kami ini berasal dari keluarga yang kurang mampu, namun motivasi yang mereka miliki bisa disulap untuk meraih prestasi maksimal, minimal bisa menjadi mekanik yang berkompeten sehingga bisa diterima di dunia kerja” katanya menambahkan.
-r.

Foto Ruben Guterres.

Foto Ruben Guterres.

Foto Ruben Guterres.

Foto Ruben Guterres.

Foto Ruben Guterres.

Foto Ruben Guterres.

Foto Ruben Guterres.

Foto Ruben Guterres.

Foto Ruben Guterres.

Foto Ruben Guterres.