logo

Happy Graduation, SMANBARA 3rd Batch!

23/5/2016

 

Kemarin adalah hari Senin yang begitu sibuk dan membahagiakan bagi segenap keluarga besar Bali Academy, dimana sedari subuh, urat nadi kehidupan sekolah berdenyut lebih awal, juga lebih cepat! Kemarin bukanlah hari Senin seperti biasanya. Kemarin begitu istimewa sebab Bali Academy menyelenggarakan upacara wisuda (lebih akrab disebut Graduation) untuk melepas angkatan ke-3 SMA Negeri Bali Mandara (SMANBARA).

 

Antusiasme begitu tinggi menyambut momen bersejarah dimana untuk kali ke tiga SMA Negeri Bali Mandara meluluskan peserta didiknya untuk terjun dalam jenjang pendidikan yang lebih tinggi dan bersaing dalam persaingan global. Para wisudawan dan wisudawati telah bersiap diri semenjak pukul 04.00 guna menyambut kegiatan ini. Antusiasme yang sama juga terlihat dari para orang tua wisudawan dan wisudawati yang sedari pagi telah berdatangan bersama keluarga untuk merayakan kesuksesan putra-putrinya menyelesaikan pendidikan di sekolah kebanggaan masyarakat Bali ini. Para tamu undangan, baik yang mewakili berbagai intitusi dan secara personal pun bertahap menyusul datang memenuhi tiap kursi yang telah disediakan. Hingga akhirnya, tamu utama, yakni Gubernur Bali, Made Mangku Pastika dan jajarannya tiba.

 

Graduation ke-3 SMA Negeri Bali Mandara berlangsung dengan lancar, aman, hikmat, dan meriah. Ini adalah Graduation pertama yang dilangsungkan di aula serba guna Bali Academy yang rampung pembangunannya pada Desember 2015 yang lalu. Ini pula kali pertama keluarga besar Bali Academy menyelanggarakan kegiatan besar sekolah secara mandiri, dengan menggunakan seluruuh sumber daya yang ada.

 

Acara Graduation diawali dengan iring-iringin para wisudawan dan wisudawati yang didampingi Gubernur Bali beserta istri, Wakil Bupati Buleleng, Kadisdikpora Provinsi Bali, Kepala Sekolah SMA dan SMK Negeri Bali Mandara, serta 4 wakil kepala sekolah beserta para tamu penting lainnya memasuki aula Bali Academy. Hadirin kemudian disuguhi penampilan yang memukau dari siswa-siswi yang membawakan tari kebesaran Surya Mandara.

 

Dalam laporannya selaku kepala SMA Negeri Bali Mandara, Bapak I Nyoman Darta menyampaikan rasa syukur karena tahun ini terdapat 80 peserta didik yang menamatkan pendidikan, bahkan 6 di antaranya  menamatkan pendidikan dalam waktu dua tahun. Ini dimungkinkan karena Sistem Kredit Semester (SKS) yang diterapkan dapat memfasilitasi peserta didik untuk bisa mengatur beban belajarnya secara mandiri dan bertanggung jawab sesuai dengan potensi masing-masing. “Kedelapan puluh peserta didik yang diwisuda ini telah mengikuti pendidikan yang holistik, manusiawi, dan berkualitas di SMA Negeri Bali Mandara. Mereka dipersiapkan menjadi pemimpin masa depan yang paripurna dan berintegritas, mereka adalah generasi muda Bali yang siap membangin Indonesia ke depan,” kata beliau.

 

Selanjutnya Bapak Darta memaparkan bahwa lulusan siswa tahun ini memiliki prestasi yang membanggakan. Selain keberhasilan dalam meraih berbagai prestasi dari level kecamatan hingga internasional, melalui pelaksanaan UNBK (Ujian Nasional Bebasis Komputer), lulusan pada tahun ini juga berhasil meraih peringkat II rata-rata nilai UN IPS tertinggi dan peringkat V rata-rata nilai UN IPA tertinggi di Bali. Prestasi individu juga berhasil diraih oleh salah satu lulusan bernama Kadek Sanjaya dengan meraih nilai UN tertinggi untuk progran IPS di Bali dengan total nilai 524 dan rata-rata 87,33.

 

Beberapa dari wisudawan dan wisudawati ini juga sudah memastikan diterima di beberapa Perguruan Tinggi Negeri yang tersebar di seluruh Indonesia melalui jalur SNMPTN, yakni sebanyak 7 orang di ITB, 5 orang di Universitas Udayana, 1 orang di Universitas Diponegoro, 2 orang di Undiksha Singaraja, 2 orang di Universitas Airlangga, dan 4 orang di STIKOM. Sementara itu, 4 orang mengikuti program TTC, 18 orang diterima di Sampoerna University, sedangkan 37 lainnya sedang dipersiapkan untuk bersaing mendapatkan perguruan tinggi melalui jalur SBMPTN, selain juga dipersiapkan untuk diterima di Akpol, Akmil, dan STAN.

 

“Kalian sudah dibekali dengan pengetahuan, keterampilan, serta karakter yang baik. Gunakan dan berdayakan itu dalam menghadapi persaingan di luar sana. Jadilah pemenang, bukan pecundang! Jangan menyerah dalam berusaha, kalian pasti bisa! Selamat jalan dan sukses untuk kalian semua” ujar Bapak Darta menutup laporannya.

 

Pada kesempatan ini, Gubernur Bali, Made Mangku Pastika juga memberikan apresiaai bagi wisudawan dan wisudawati. Beliau menyatakan rasa bangga atas kemajuan yang ditorehkan SMA Negeri Bali Mandara yang telah diperhitungkan, bahkan mampu menjadi model bagi pengembangan pendidikan di Bali dan Indonesia. Menurut beliau, pengembangan karakter yang baik dan kokoh dalam pembelajaran di sekolah harus ditingkatkan agar lulusan dapat menjadi pemimpin masa depan yang diharapkan. Beliau juga berharap, kesuksesan ini dapat diikuti oleh SMK Negeri Bali Mandara yang baru satu tahun berdiri, sehingga kedua sekolah bisa menjadi ikon pendidikan menengah di Bali dan Indonesia.

 

Dalam sambutanntya, Gubernur Bali menekankan empat hal bagi para wisudawan dan wisudawati:

  1. Menamatkan pendidikan ini adalah langkah awal. Bawalah bekal pengetahuan, sikap, dan karakter yang telah didapat dalam perkuliahan. Raihlah kesuksesan dan ubah nasib keluargamu!
  2. Jaga nama baik keluarga, almamater, dan Bali.
  3. Jangan sombong, apalagi sampai lupa darimana kamu berasal.
  4. Tingkatkan terus pengetahuan dan keterampilan! Selalu belajar!

 

“Jadikan itu sebagai motivasimu! Ingat setiap butir nasi yang kamu makan di sini, pelayanan guru dan staf, dan fasilitas pendidikan yang kamu kecap adalah hasil jerih payah rakyat Bali, juga dengan pelaksanaan wisuda ini. Itu adalah tanggung jawab besarmu! This is your debt that you must pay back in the future, for Bali. Jadilah pemenang, jadilah world class leader! Ingat, kalian adalah harapan tinggi masyarakat Bali untuk kemajuan masa depan!” kata Gubernur Bali mengobarkan semangat para wisudawan-wisudawati.
Pada Graduation tahun ini, I Ketut Rai Asmara Dipta berhasil meraih penghargaan Valedictorian Awards (lulusan terbaik) sekaligus penghargaan Dux Awards (lulusan terbaik program jurusan) IPA. Di sisi lain, I Kadek Sanjaya meraih Dux Awards untuk program IPS dan Ngurah Yoga Pratama sebagai peraih Best Leadership Awards.

 

Selamat dan sukses angkatan ke-3 SMANBARA!

Happy Graduation! (r.m.j.-GUT)
IMG_20160523_080229 IMG_20160523_085657 IMG_20160523_085719 IMG_20160523_090524 IMG_20160523_090605 IMG_20160523_090640 IMG_20160523_091632 IMG_20160523_094257 IMG_20160523_102834 IMG_20160523_113350