logo

Hari Pahlawan 10 November 2015

Pahlawan Muda, di Hari Pahlawan

Di hari Pahlawan, 10 November 2015, para siswa SMA dan SMK Negeri Bali Mandara kembali melaksanakan Community Service (CS) untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat. Kali ini, daerah yang disasar adalah salah satu desa tertinggal yang terletak di Karangasem, yaitu Desa Tianyar, Banjar Munti Gunung.
Menempuh perjalanan selama satu jam dari Kubutambahan, rombongan tiba di lokasi pukul 07.30 Wita. Di sana, mereka disambut oleh I Nyoman Umum, S.Pd., Kepala SD Negeri 3 Tianyar Barat di Wantilan Banjar Dinas Munti Gunung. Dalam sambutannya, beliau menyambut baik kedatangan para siswa yang akan melakukan pelayanan kepada masyarakat di sekitar desa itu. “Mengenai kegiatan ini, saya sambut baik karena dilaksanakan di Munti Gunung yang memang adalah salah satu dusun yang tertinggal dari segala bidang, baik dari segi pendidikan, ekonomi, infrastruktur, dan lain sebagainya,” ujar Bapak yang juga merangkap sebagai Kepala SMP Negeri Satu Atap Tianyar Barat ini.
Kegiatan CS yang dilaksanakan dibagi menjadi tiga bagian, yaitu di dusun dan rumah warga, SD Negeri Tianyar Barat, dan SMP Negeri Satu Atap Tianyar Barat. Para siswa yang mendapatkan tugas di dusun dan rumah warga melakukan kegiatan pembersihan keliling dan penanaman pohon. Senyum dan ucapan terima kasih terus mengalir dari bibir warga yang rumahnya dibersihkan oleh para siswa. Tidak hanya itu, siswa juga membersihkan sampah di lingkungan Banjar Munti Gunung. Kegiatan ini sejalan dengan program yang telah dicanangkan di sekolah yang disebut “satu meter bersih.”
Siswa SMA dan SMK Negeri Bali Mandara yang mendapat tugas di SD Negeri 3 Tianyar Barat membagi informasi kepada kelas IV dan V mengenai pentingnya penanganan sampah untuk menjaga lingkungan. Salah satu solusi yang juga diajarkan kepada adik-adiknya adalah pemanfaatkan sampah bekas untuk menjadi kerajinan yang dapat bermanfaat dan bahkan dapat dijual nantinya. Anak-anak SD yang masih lugu ini dengan penuh semangat mengikuti setiap langkah yang diajarkan dalam membuat kerajinan tersebut. Di SMP Negeri Satu Atap Tianyar Barat, kegiatan yang dilaksanakan lebih banyak lagi. Para siswa di sana diberikan informasi sekaligus sosialisasi tentang SMA dan SMK Negeri Bali Mandara dan sosialisai sex education. Selain itu, mereka juga diajarkan cara membuat barang kerajinan dari koran bekas.
Kegiatan CS di Banjar Munti Gunung ini berlangsung sekitar tiga jam. Akhirnya, sekitar pukul 12.00 Wita, para pahlawan muda ini pulang dengan senyum setelah sukses melaksanakan tugasnya kali ini.

6 5 4 3 2 1