logo

Kenalkan Rugby Pada Bali Academy

Bali Rugby Club : Kenalkan Rugby Pada Bali Academy

Rombongan Bali Rugby Club mendatangi SMA/SMK Negeri Bali Mandara, untuk memperkenalkan Rugby kepada siswa-siswi SMA dan SMK Negeri Bali Mandara. Seluruh siswa menyambutnya dengan antusias dan senyum yang penuh semangat.
Rugby, kata ini masih terdengar asing bagi siswa SMA dan SMK Negeri Bali Mandara. Rugby merupakan sebuah permainan beregu yang terdiri dari 7 atau 15 orang di setiap regu. Permainan ini mirip dengam American Football, namun sebenarnya berbeda. Pada permainan Rugby, bola tidak boleh dilempar ke depan, hanya ke belakang. Sedangkan pada American Football, bola boleh dilempar ke depan. Goal pada permainan Rugby disebut try.
Dalam permainan Rugby, kekompakan menjadi hal yang paling utama. Selain itu, kecepatan dan kekuatan juga menjadi hal yang penting, karena dalam permainan Rugby, kontak fisik sudah menjadi hal yang sangat wajar. Meskipun begitu, keselamatan pemain tetap diutamakan. Permainan yang berasal dari Inggris ini berdurasi 2×7 menit untuk permainan yang masing–masing regunya terdiri dari 7 orang, karena itulah, kecepatan sangat diutamakan dalam permainan ini. Sedangkan untuk regu yang terdiri dari 15 orang, memerlukan durasi 2×40 menit, karena yang diutamakan adalah strategi atau taktik yang bagus.
SMA dan SMK Negeri Bali Mandara adalah sekolah menengah atas pertama yang dikunjungi oleh Bali Rugby Club selepas latihan mereka bersama tim Rugby Universitas Pendidikan Ganesha. Tujuan kedatangan mereka kali ini adalah untuk memperkenalkan permainan Rugby kepada generasi muda. Selain itu, mereka juga membuka kesempatan bagi siapa pun yang berminat untuk lebih mendalami permainan ini. Mereka juga siap untuk melatih siswa–siswi yang berkomitmen tinggi untuk bermain Rugby.
Semua siswa sangat antusias mengikuti sosialisasi yang dibawakan oleh anggota Bali Rugby Club. Apalagi ketika diajak bermain di lapangan dan dilatih langsung oleh pelatih dan anggota dari Bali Rugby Club. Bali Rugby Club itu sendiri adalah satu–satunya club atau tim Rugby yang ada di Bali saat ini. Menariknya lagi, Club Rugby yang satu ini merupakan Club Rugby nomor satu di Indonesia untuk saat ini setelah berhasil memenangkan beberapa kejuaraan nasional.
“Awalnya nggak tahu apa itu Rugby, sekarang tahu deh. Meskipun awalnya agak aneh tapi akhirnya mengerti juga, soalnya yang melatih dari Bali Rugby Club itu ramah-ramah. Seneng deh pokonya. Semoga Bali Rugby Club datang ke sini lagi.” ujar Pasek Nurhyang saat ditanya mengenai permainan tersebut.
Selain dari siswa, anggota Bali Rugby Club pun memiliki kesan tersendiri. “Saya senang bias melatih siswa di sini, mereka sangat bersemangat dan antusias menerima pelatihan dari kami. Saya harap siswa–siswi di sini mau mengenal Rugby lebih dalam lagi, dengan cara membiasakan diri untuk memainkan permainan ini.” ujar Markus, kapten dari Bali Rugby Club sembari tersenyum. Beliau juga berharap agar generasi muda maumen dalami permainan ini, mengingat minimnya jumlah pemain Rugby di Indonesia khususnya di Bali.
Sebagai wujud keseriusan Bali Rugby Club dalam memperkenalkan dan melatih siswa-siswi SMA dan SMK Negeri Bali Mandara, di akhir acara mereka menyumbangkan 2 bola Rugby untuk sekolah ini. (Pay&Rin/Res)

2 1